Alokasi DAK Dikbud Mukomuko Terjun Bebas

Pemerintahan1066 Dilihat

Arni – Kabid Dikdas Disdikbud Mukomuko

Berita Mukomuko, Metro – Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu di bidang Pendidikan Dasar atau Dikdas turun drastis. Tahun lalu, DAK mencapai sebesar Rp. 33,7 miliar. Sementara di tahun 2023 ini, hanya senilai Rp. 17,8 miliar

banner 970x250

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Epi melalui Kepala Bidang – Kabid) Pendidikan Dasar Arni Gusnita, di tahun 2023 ini anggaran difokuskan untuk program penyediaan alat teknologi informasi dan komunikasi (TIK), sehingga besaran DAK menurun

“DAK tahun 2023 ini senilai Rp. 17,8 miliar, untuk SMP sebesar Rp. 7,3 miliar dan untuk SD sebesar Rp. 10,5 miliar. Dana ini untuk pembangunan fisik dan pembelian peralatan TIK bagi enam SD dan empat SMP,” ujar Arni, Selasa (03/01/2023)

Sementara itu, pada tahun 2022 DAK ini dibagikan ke sekolah sebanyak 81 SD dan SMP dari berbagai kecamatan di Mukomuko untuk pengadaan peralatan TIK. Selain itu, sebagian besar sekolah mendapatkan kegiatan pembangunan fisik, seperti pembangunan ruang kelas baru dan rehab gedung unit kesehatan sekolah dan sanitasi.

“Kalau kita kondisikan TIK ini hampir 80 persen TIK yang ada di sekolah di Kabupaten Mukomuko akan terpenuhi. Kemudian untuk fisiknya penerima DAK tahun ini atau tahun lalu secara Juklak dan Juknis tidak bisa menerima dana DAK selama 2 tahun kedepan,” tutup Arni.(FMG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed