Dinas Pertanian Mukomuko Bantu Petani Peroleh Pupuk Gratis dari Pabrik

BERANDA6745 Dilihat

M. Rizon, S.Hut – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu

BERITA MUKOMUKO, METRO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pertanian akan membantu petani kebun kelapa sawit untuk mendapatkan limbah pabrik minyak kelapa sawit berupa tandan kosong untuk pupuk tanaman kelapa sawit dari pabrik minyak kelapa sawit.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian M. Rizon, S.Hut. Menurutnya, instansinya akan membuat regulasi yang mengatur tentang pengelolaan tandan kosong sawit di seluruh pabrik minyak kelapa sawit.

BACA JUGA : Realokasi DD, DPMD Mukomuko Gunakan Regulasi Teranyar

“Tahap awal ini kami coba membuat peraturan Bupati (Perbup) tentang pengelolaan tandan kosong kelapa sawit di pabrik. Selanjutnya perbup yang mengatur penggunaan tandan kosong kelapa sawit untuk pupuk tanaman kelapa sawit petani,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sabtu (26/08/2023).

Kepala Dinas Pertanian yang juga sebagai Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) 2023 asal Kabupaten Mukomuko ini melakukan hal itu guna merealisasikan proyek perubahan dalam pelatihan yang diikutinya.

Kata dia, pemanfaatan tandan kosong sebagai bahan penyubur tanaman kelapa sawit. Selain, katanya, untuk mengantisipasi mahal dan langkanya pupuk kimia serta untuk konservasi tanah.

BACA JUGA : Realokasi DD, DPMD Mukomuko Gunakan Regulasi Teranyar

Kepala Dinas Pertanian Mukomuko memastikan, bahan baku tandan kosong di daerah ini sangat banyak tersedia di pabrik minyak kelapa di daerah ini, dan sekarang ini sudah ada sebagian petani yang memanfaatkan tandan kosong untuk pupuk tanaman kelapa sawit.

Namun, ujar Kepala Dinas Pertanian, selama ini pemanfaatan tandan kosong yang termasuk kategori limbah pabrik minyak kelapa sawit belum optimal, padahal tandan kosong sawit dapat menjadi bahan penyubur tanaman.

Untuk itu, lanjutnya, instansinya akan menjalin kerja sama dengan seluruh pabrik minyak kelapa sawit untuk pengelolaan tandan kosong untuk bahan penyubur tanaman kelapa sawit petani.

BACA JUGA : Dinkes Mukomuko Rancang Kebutuhan RS Pratama

Kepala Dinas Pertanian membeberkan, dari hasil koordinasinya dengan sejumlah pabrik minyak kelapa sawit ini, pabrik mendukung rencana pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian setempat.

Selain itu, terang Kepala Dinas Pertanian, instansi akan memfasilitasi petani untuk membangun komunikasi dengan pabrik minyak kelapa sawit yang berada di wilayahnya.

Kepala Dinas Pertanian Mukomuko juga optimistis, rencana pemanfaatan tandan kosong sebagai pupuk tanaman kelapa sawit berdampak positif bagi pemerintah daerah, petani sawit, dan pabrik minyak kelapa sawit.

BACA JUGA : DPRD Mukomuko Pastikan, Pengobatan ODGJ Gratis

Terpisah, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Budiyanto menyampaikan, instansinya siap bekerja sama dengan Dinas Pertanian untuk membantu petani mendapatkan pupuk yang berasal dari tandan kosong kelapa sawit.

Kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, selama ini tanda kosong masih menjadi permasalahan serius dan belum dapat diatasi karena jumlahnya yang banyak di pabrik

“Dengan adanya pemanfaatan tandan kosong untuk pupuk tanaman kelapa sawit, katanya, diharapkan tidak ada lagi tandan kosong sawit yang menumpuk di pabrik dan menyebabkan pencemaran lingkungan.” demikian Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko. (ADV KOMINFO /** YN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *