Dinas Sosial Mukomuko Akan Gelar Sosialisasi Pembentukan Kampung Siaga Bencana

Advertorial3974 Dilihat

Plt Kadis Sosial Kabupaten Mukomuko Fitriani Ilyas, S. Sos

BERITA MUKOMUKO, METRO – Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu melalui Dinas Sosial akan menggelar sosialisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) bagi masyarakat di wilayah Desa Air Dikit Kecamatan Air Dikit.

banner 970x250

Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Fitriani Ilyas, S. Sos yang disampaikan oleh Kepala Bidang atau Kabid Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial Eli Susbenti. Kata dia, Sosialisasi pembentukan kampung siaga bencana ini akan digelar dalam waktu dekat.

BACA JUGA : Dinas Perikanan Mukomuko Dukung Penerapan Alat Tangkap Ramah Lingkungan

“Sosialisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana ini digelar dalam waktu dekat ini,” kata Kabid Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial Eli Susbenti di Mukomuko, Jumat (01/09/2023) di ruang kerjanya.

Kabid Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial menyampaikan, saat ini, Kabupaten Mukomuko telah memiliki 3 kampung siaga bencana yang tersebar ini di wilayah Kecamatan Ipuh, di satuan pemukiman (SP) VI Kecamatan Air Manjuto, dan SP VII Desa Rawa Mulya.

Selanjutnya, katanya, Dinas Sosial Mukomuko akan membentuk satu lagi Kampung Siaga Bencana, yakni di wilayah Desa Air Dikit, Kecamatan Air Dikit.

BACA JUGA : Pemda Mukomuko Sosialisasikan Perpres Standar Harga Satuan Regional

Masih kata Kabid Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial, selain membentuk Kampung Siaga Bencana di Desa Air Dikit Dinas Sosial juga mengadakan kegiatan sosialisasi di Desa Air Dikit terkait kesiapsiagaan masyarakat desa dalam menanggulangi bencana di wilayahnya.

Ia menegaskan, Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko sudah lama ingin mengadakan kegiatan sosialisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana di Desa Air Dikit, Kecamatan Air Dikit, namun tertunda karena adanya kegiatan lain.

“Sebenarnya kami sudah lama mau melaksanakan kegiatan pembentukan Kampung Siaga Bencana di Desa Air Dikit karena ada kendala dan kegiatan lain, namun waktu dekat ini kami akan melaksanakan kegiatan ini,” terang Kabid Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial.

BACA JUGA : Pemkab Mukomuko dan Pessel Kerjasama Padamkan Kebakaran di Perbatasan

Selanjutnya, Kabid Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial menjelaskan, Dinas Sosial akan mengajukan pencairan dana untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana dan sosialisasi di Desa Air Dikit.

Rencananya, Dinas Sosial akan mengundang sebanyak 50 orang lebih yang terdiri dari aparatur desa dan masyarakat untuk mengikuti kegiatan sosialisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana.

Dalam acara tersebut lanjutnya, Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko akan mendatangkan narasumber Bengkulu untuk memberikan materi sosialisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana di Desa Air Dikit.

BACA JUGA : BPBD Mukomuko Beri Pelatihan Kebencanaan Kepada Masyarakat

Selain itu, ujar Kabid Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial, Dinas Sosial akan melibatkan petugas sosial dari Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana.

“Kita punya tenaga terlatih yang bisa memberikan pengetahuan tentang kesiapsiagaan dalam menanggulangi bencana alam,” bebernya.

BACA JUGA : Disparpora Mukomuko dan Investor Kerjasama Kembangkan Objek Wisata

Lebih lanjut Kabid Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial menerangkan, sebanyak 50 orang lebih peserta sosialisasi selain diberikan pengetahuan tentang kebencanaan sekaligus praktek terkait cara penanggulangan bencana di wilayah ini.

Sementara itu, ia mengatakan, Desa Air Dikit, Kecamatan Air Dikit berada sepanjang pesisir pantai di daerah ini. Wilayah ini selain rawan terhadap gempa bumi, tsunami, dan bencana banjir. (ADV KOMINFO /** YN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *