Dinkes Mukomuko Cegah Stunting dengan Upaya Ini

Kesehatan2609 Dilihat

Bustam Bustomo, SKM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu

BERITA MUKOMUKO, METRO – Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu terus berupaya untuk menekan jumlah stunting dengan berbagai cara, diantaranya melalui kegiatan-kegiatan yang mengedukasi masyarakat dan tindakan berupa pemberian obat-obatan.

banner 970x250

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah daerah adalah dengan menugaskan para petugas yang bertugas di Puskesmas untuk terjun langsung ke lapangan.

Kepala Dinas Kesehatan, Bustam Bustomo, SKM mengatakan, instansinya terus melakukan upaya pencegahan diantaranya adalah melakukan kegiatan pemantauan melalui sosialisasi dan Pemberian Obat Pencegah Massal atau POPM Penyakit Cacingan.

BACA JUGA : Kejurda Tapak Suci Putera Muhammadiyah PIMDA 299 Mukomuko Digelar, 1 Pesilat Patah Tulang

Pemberian POPM penyakit cacing itu, dilakukan di 15 puskesmas dengan sasaran anak-anak.

“Untuk penekanan jumlah stunting itu kan nggak terfokus pada penanganan, ada juga pencegahan, yakni dengan memberikan POPM penyakit cacingan kepada anak-anak agar anak terhindar dari Penyakit cacingan,”kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Jum’at (27/10/2023) di ruang kerjanya.

Tidak hanya itu, kata Bustam, Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko juga gencar melakukan sosialisasi. Langkah ini dinilai jitu untuk mengedukasi masyarakat tentang stunting.

BACA JUGA : Ketua Komisi II DPRD Mukomuko Minta Pemda Perhatikan Jalan Ini

“Ini rutin dilaksanakan di seluruh Puskesmas, termasuk melakukan pemantauan tumbuh kembang anak dan pemberian obat pencegahaan penyakit cacingan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan mengajak seluruh elemen yang ada di Kabupaten Mukomuko untuk bahu membahu dan bekerja sama dalam penurunan jumlah stunting.

Ia mengungkapkan, program ini akan maksimal dengan dukungan masyarakat, terutama keluarga.

BACA JUGA : Ketua SMSI Pusat Bahas Rencana Pemerintah Terbitkan Perpres Tentang Publisher Right

“Tentu peran keluarga sangat menentukan untuk keberhasilan program ini.” demikian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko. (** YN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *