Distan Mukomuko gelar Vaksinasi PMK dari Rumah ke Rumah

BERANDA6151 Dilihat

Diana Murwahyuni – Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu

BERITA MUKOMUKO, METRO – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menggelar vaksinasi penyakit mulut dan kuku atau PMK secara massal bagi hewan ternak. Pelaksanaannya itu sendiri terkesan unik sebab dilakukan dari rumah ke rumah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, M. Rizon, S.Hut melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Diana Murwahyuni mengatakan, vaksinasi dilakukan dari rumah ke rumah untuk memastikan seluruh hewan ternak mendapat. vaksinasi PMK.

BACA JUGA : Pemkab Mukomuko Gelar Pelatihan bagi UMKM

“Dokter hewan dan petugas peternakan dan kesehatan hewan mendatangi rumah warga yang memiliki hewan ternak untuk memberikan vaksinasi PMK,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Jumat (01/09/2023) di kantor Dinas Pertanian.

Kata dia, Dinas Pertanian Mukomuko melalui petugas yang berada di 3 pusat kesehatan hewan bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan dan Desa untuk melakukan vaksinasi PMK bagi hewan ternak dari rumah ke rumah warga.

Tiga Puskeswan yang melakukan kegiatan vaksinasi PMK pada hewan ternak tersebut tersebar yakni, Puskeswan di wilayah Lubuk Gedang Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Penarik, dan Puskeswan Ipuh.

Dinkes Mukomuko Pantau Kesehatan Masyarakat cegah DBD

“Petugas peternakan dan kesehatan hewan bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa karena mereka yang lebih mengetahui warganya yang memiliki hewan ternak sapi, kerbau, dan kambing,” terang Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan melanjutkan, petugas di tiga puskeswan ini selain memberikan pelayanan vaksinasi PMK bagi hewan ternak dari rumah ke rumah juga menerima warga yang mengumpulkan hewan ternak di satu tempat.

Menurutnya, pengumpulan hewan ternak di satu tempat itu, dapat meringankan tugas dokter hewan serta mempercepat proses pemberian vaksin PMK pada hewan ternak.

BACA JUGA : Dibangun Tahun 2022, Bangunan Mirip Box Culvert Milik Dinas Pertanian Mukomuko Retak

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan menyebutkan, sekitar 22.000 hewan ternak di wilayah setempat mendapatkan jatah vaksin penyakit mulut dan kuku.

“Dinas Pertanian memberikan vaksin PMK sesuai dengan jumlah vaksin yang diterima daerah ini sebanyak 22.000 dosis dari Pemerintah Provinsi,” kata dia.

Dari sebanyak 22.000 hewan ternak tersebut, ujarnya, sekitar 10.608 ekor hewan ternak di daerah ini telah menjalani vaksinasi PMK sejak bulan Januari hingga Juni 2023.

BACA JUGA : BPBD Mukomuko Gelar Sosialisasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana

“Berdasarkan data dari tiga puskeswan, sekitar 10.608 ekor hewan ternak yang telah menerima vaksin PMK tersebut tersebar di sejumlah wilayah daerah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan membeberkan, dari sekitar 10.608 ekor hewan ternak yang telah menerima vaksin PMK, sebanyak 2.857 ekor di Puskeswan Lubuk Gedang, sebanyak 2.206 ekor Puskeswan Penarik, dan 5.545 ekor di Puskeswan Ipuh.

“Petugas puskeswan yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini masih memberikan pelayanan vaksinasi PMK kepada hewan ternak yang tersebar,” ucap dia.

BACA JUGA : BPBD Mukomuko Gelar Sosialisasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan juga membeberkan, Pemerintah Daerah melalui petugas peternakan dan kesehatan hewan di tiga puskeswan memberikan vaksin PMK pada hewan ternak dengan cara mendatangi para peternak di wilayah kerjanya.

“Iya, kami datangi para peternak di seluruh wilayah kerja dari puskeswan itu sendiri.” demikian Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan. (ADV KOMINFO /** YN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *