DPR Mukomuko Upayakan Realisasi Anggaran Disparpora untuk Fasilitas Berupa Lampu di Lokasi Wisata

Advertorial3963 Dilihat

Siswanto – Anggota Badan Anggaran DPRD Mukomuko

BERITAMUKOMUKO.COM, METRO – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, Siswanto akan berupaya untuk merealisasikan pengajuan anggaran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

banner 970x250

Hal ini disampaikan oleh salah satu anggota DPRD Mukomuko, Siswanto, Kamis (03/08/2023). Kata dia, jika fasilitas di objek wisata dilengkapi lampu penerangan, diharapkan dapat menarik pengunjung untuk datang dan menikmati pemandangan di tempat wisata.

BACA JUGA : DPRD Mukomuko Angkat Bicara tentang BPSK

Selain menarik minat pengunjung, hal ini katanya, dapat menumbuhkan perékonomian terutama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Mukomuko dan menumbangkan pendapat asli daerah atau PAD.

“Akan kita upayakan untuk merealisasikan anggaran yang dibutuhkan Disparpora. Tentu ini akan membawa dampak positif bagi UMKM dan PAD,” kata Siswanto, Kamis (03 /07/2023).

BACA JUGA : Ketua Komisi III DPRD Mukomuko Minta Masyarakat Waspada HPR

Namun demikian, Siswanto yang merupakan salah satu anggota Badan Anggaran atau Banggar ini belum dapat memastikan hal ini. Menurutnya, ini akan dibahas dalam rapat kerja badan anggaran.

Pembangunan perlengkapan sarana dan prasarana objek wisata

“Intinya kan sebelum masuk Banggar, seluruh usulan digodhog di Komisi. Setelah itu baru ke Banggar. Kita belum bisa memastikan apakah ini akan terealisasi di APBD-P tahun 2023. Kita juga harus melihat kemampuan keuangan daerah,” terangnya.

BACA JUGA : Anggota Komisi I DPRD Mukomuko Minta, Pemerintah Desa Pasang Papan Publikasikan Dana Desa

Terpisah, Plt Kepala Disparpora Kabupaten Mukomuko, M. Rizon, S.Hut, M.Si ketika dikunjungi beritamukomuko.com mengatakan, pihaknya telah mangajukan anggaran di anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan atau APBD-P tahun 2023.

Kata Plt Kepala Disparpora Kabupaten Mukomuko, M. Rizon, S.Hut, M.Si, usulan tersebut akan digunakan untuk lampu penerangan di sejumlah lokasi obyek wisata.

BACA JUGA : Ketua Komisi II DPRD Mukomuko Tinjau Jembatan di Kecamatan Malin Deman

“Kami sudah mengajukan anggaran untuk penerangan di beberapa objek wisata dalam APBD-P. Ya mudah-mudahan direalisasikan anggaranya,” kata Rizon, Selasa (01/08/2023).

Rizon optimis, dengan adanya penerangan di tempat wisata akan membawa dampak yang positif hingga sektor wisata dapat lebih maju dan berkembang.

BACA JUGA : Prihatin dengan Kasus Anak, DPRD Mukomuko Minta P2KBP3A Tingkatan Sosialisasi

Kata dia, saat ini, masih banyak tempat wisata yang jika malam kondisinya gelap gulita. Menurutnya, adanya penerangan akan banyak pedagang yang berminat untuk berjualan dan hal ini berdampak pada hidupnya UMKM di Kabupaten Mukomuko.

Selain anggaran, ujar Plt Kepala Disparpora, untuk menghidupkan objek wisata, tidak hanya bertumpu kepada penerangan saja. Ia mengungkapkan, jika anggaran diakomodir oleh DPRD, ada syarat yang harus dipenuhi oleh Instansi untuk mendatangkan jaringan listrik.

BACA JUGA : Bupati Mukomuko Minta Percepatan Realisasi APBDes 2023, Ini Capaiannya pada Triwulan Pertama

Kendati demikian, Plt Kepala Disparpora telah berkoordinasi dengan PT PLN cabang Mukomuko. Ia memastikan, tidak ada kendala dengan catatan memenuhi syarat – syarat yang diminta pihak PLN.

“Ada beberapa syarat untuk mendapatkan aliran listrik di lokasi wisata, diantaranya lumayan berat yakni minimal ada sekitar 20 pedagang,” ujar Plt Kepala Disparpora.

Lebih jauh Plt Kepala Disparpora Mukomuko membeberkan, hingga saat ini, bangunan tempat pedagang berupa kios pada objek wisata belum ada.

” Nah, ini merupakan salah satu pekerjaan rumah (pr) bagi kami. Rencananya kita akan gandeng kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk mengkampanyekan para pedagang untuk berjualan di tempat wisata. Mungkin dengan swadaya.” demikian Plt Kepala Disparpora.

Data terhimpun, di Kabupaten Mukomuko, tercatat ada 57 obyek wisata yang telah dialiri listrik, diantaranya Pangonan di Desa Agung Jaya Kecamatan Air Manjuto, water Bom di Desa Maju Makmur, Pantai Narkisa Desa Teluk Bakung, Abrasi pantai Desa Pasar Ipuh, Batu Kumbang di Desa Pulau Baru, Danau Nibung dan objek wisata Desa Arga Jaya Kecamatan Air Rami. (ADV SEKWAN /* * YN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *