DPRD Mukomuko Dukung Langkah Disparpora Genjot PAD

Advertorial4404 Dilihat

Antonius Dalle, SP – Ketua Komisi III DPRD Mukomuko

BERITAMUKOMUKO.COM, METRO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu mendukung upaya Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga untuk menggenjot pendapatan asli daerah atau PAD di sektor wisata.

banner 970x250

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi III DPRD Mukomuko, Antonius Dalle, SP menyusul rencana Disparpora membentuk tim penetapan objek wisata. Menurut Anton, langkah ini akan menciptakan peluang untuk penambah PAD Kabupaten Mukomuko, sebab pariwisata di Mukomuko terbilang cukup banyak.

Bupati Mukomuko, Sapuan saat meletakkan batu pertama kelengkapan sarana dan prasarana objek wisata batu kumbang

“Ini langkah yang tepat untuk kedepannya. Setidaknya bisa menyumbang PAD,”kata Ketua Komisi III DPRD Mukomuko, Antonius Dalle, Rabu (02/08 /2023).

BACA JUGA : Ketua DPRD Mukomuko Kunjungi Sekolah Dasar dan Temukan Ini

Anton sapaan Ketua Komisi III DPRD Mukomuko mengajak pemerintah daerah kabupaten Mukomuko untuk bekerja sama dalam mengupayakan sektor Pariwisata dapat menjadi sumber PAD terbesar.

Antonius Dalle, SP – Ketua Komisi III DPRD Mukomuko

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olagraha (Disparpora) Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu , M. Rizon, S.Hut, M.Si mengatakan, Disparpora telah mengusulkan pembentukan tim penetapan objek wisata.

BACA JUGA : Anggota Komisi I DPRD Mukomuko Minta, Pemerintah Desa Pasang Papan Publikasikan Dana Desa

Kata dia, saat ini Pemerintah Daerah sedang membuat peraturan daerah (Perda) yang mengatur tentang pajak dan retribusi daerah. Selain itu, ujarnya, Disparpora juga mengusulkan pembentukan tim ke Badan Keuangan Daerah (BKD).

“Nantinya, tim yang dibentuk bertugas menetapkan objek wisata yang menjadi sasaran pemungutan retribusi masuk objek wisata. Retribusi di objek wisata ini bisa meningkatkan PAD Kabupaten Mukomuko,” kata ujar Plt Kadis Disparpora Mukomuko.

BACA JUGA : Ketua Komisi II DPRD Mukomuko Tinjau Jembatan di Kecamatan Malin Deman

Rizon membeberkan, tercatat, ada sekitar 10 objek wisata yang memiliki potensi untuk menyumbangkan PAD yakni pantai wisata Air Buluh, pantai Pasar Ipuh, objek wisata buatan water boom di Kecamatan Penarik, Teluk Bakung, Pantai Air Hitam yang juga lokasi penangkaran penyu.

Selain itu, kata Plt Kadis Parpora, wisata Danau Nibung, Pantai Pandan Wangi, Pantai Batu Badoro, Danau Lebar, Pantai Batu Kumbang, Pantai Markisa, dan Danau Telaga Biru.

“Dari objek wisata yang ada, belum seluruhnya menyumbangkan PAD, sebab tidak ada penarikan retribusi.” tutupnya. (ADV SEKWAN /** YN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *