Erosi Sungai Selagan Ancam Puluhan Rumah Warga

Peristiwa, Utama1596 Dilihat

Berita Mukomuko, Selagan Raya – Pengikisan tebing sungai (erosi) sungai Selagan di Desa Pondok Batu, Kecamatan Kota Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, semakin parah dan mengancam sejumlah pemukiman warga di kawasan Desa tersebut.

Selain mengancam sejumlah pemukiman warga, erosi sungai Selagan juga mengancam ruas Jalan Provinsi yang melintasi Desa itu.

banner 970x250

Kepala Desa Pondok Batu, Koko Sasmito, dalam keterangannya kepada beritamukomuko.com, Kamis (20/01/2022), mengkhawatirkan kondisi erosi tersebut

Bahkan, ia memprediksi kalau tidak segera ditangani akan berakibat fatal hingga menggapai jalan utama di desa itu dan sejumlah rumah warga.

“Kondisi erosi sungai ini sudah sangat mengkhawatirkan. Karna bangunan tanggul pelapis tebing yang ada sebagian sudah terbawa arus sungai. Kami berharap kepada pemerintah melalui pihak terkait segera ditangani dengan tanggul batu gajah atau sejenisnya agar kawasan kami ini aman dari erosi Selagan. Kondisi erosi dititik tersebut selain mengancam pemukiman warga, erosi juga mengancam jalan utama di Desa kami,” kata Koko.

Koko juga menyebut, tanaman dalam kebun warga di Desa yang masuk dalam Kecamatan kota Mukomuko itu sudah banyak yang hanyut ke sungai. Apa lagi kalau saat musim hujan yang mengakibatkan hantaman arus hingga merusak apa saja yang berada di sekitar tebing.

“Dampak erosi tersebut banyak taman produktif milik warga seperti kelapa sawit, pinang dan kelapa ikut amblas ketika luapan air sungai tak mampu dibendung oleh tebing. Kemi berhara pemerintah melalui instansi terkait dapat turun langsung untuk melakukan pengecekan ke lapangan agar dapat dikaji secara teknis,” Demikian harap Kades Pondok Batu. (cty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed