Harimau Kembali Masuk Pemukiman Penduduk di Upt Trans Lapindo

Peristiwa2965 Dilihat

Berita Mukomuko, Malin Deman – Diperkirakan seekor harimau kembali memasuki pemukiman penduduk di Upt Trans Lapindo Desa Lubuk Talang Kecamatan Malin Deman Kabupaten Mukomuko, Rabu, 26/01/2022) dini hari.

Warga setempat mengatakan, satwa dilindungi ini sudah empat kali memasuki perkampungan dan memangsa ternak.

banner 970x250

“Ini sapi yang keempat korban harimau,” kata warga.

Koordinator Konsorsium Bentang Alam Seblat, Iswadi saat dikonfirmasi mengatakan Harimau telah masuk ke pemukiman penduduk sejak akhir tahun lalu.

Ternak warga yang diterkam Harimau .(dok.YN)

“Akhir Desember 2021 Harimau masuk ke pemukiman dan memangsa dua ekor sapi, dan tim sebanyak 3 orang diturunkan,”ucap Iswadi, Rabu (26/01/2022) melalui sambungan telepon seluler.

Sepekan kemudian, lanjut Iswadi tim gabungan yang berasal dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Konsorsium Bentang Alam Seblat dan Bentang alam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) datang ke lokasi untuk melakukan pengusiran.

“Kami melakukan pengusiran dengan menggunakan meriam karbit. Tim dua malam berada di lokasi dan melatih warga setempat menggunakan teknik dan peralatan untuk mengusir harimau,” ucapnya.

Hari ini (Rabu, 26/01/2022) Ia mendapat informasi jika satwa tersebut masuk kembali ke pemukiman dan memangsa ternak.

“Rencananya besok tim akan ke lokasi.” pungkasnya.

Di lain sisi, Kasi wilayah I BKSDA Said Jauhari saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya akan segera turun ke lokasi.

“Iya, rencananya lusa kita ke lokasi untuk penanganan konflik Harimau Tim sedang kita persiapkan,” kata Said, Rabu (26/01/2022) melalui pesan WhatsApp.

Belum ada keterangan resmi dari Pemerintah Desa setempat. Kepala Desa Lubuk Talang, Siswandi saat dihubungi melalui telepon seluler dan pesan WhatsApp belum memberikan tanggapanya. (cty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed