Jumlah Anggaran yang Diterima Pemdes Air Rami Turun Hingga Setengah Miliar

BERANDA5050 Dilihat

Kharani – Kepala Desa Air Rami

BERITA MUKOMUKO, AIR RAMI – Kepala Desa Air Rami Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, Khairani membeberkan progres realisasi anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun anggaran 2023.

Khairani menyampaikan, tahun ini pemerintah desa Air Rami mendapat alokasi dana dalam bentuk dana desa (DD) sebesar Rp. Rp 706. 574. 000,- dan alokasi dana desa (ADD) sebesar Rp 449. 237.000,-. Kata dia, jumlah tersebut jauh menurut jika dibandingkan tahun sebelumnya.

BACA JUGA : Pria Yang Ditemukan Tewas Gantung Diri Sempat Curhat Masalah Keluarga

“Jumlah anggaran tahun ini (2023) turun sekitar Rp 500 juta,” kata Kepala Desa Air Rami, Rabu (27/09 /2023) di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, dari jumlah anggaran yang diterima, digunakan untuk beberapa kegiatan, yakni rabat beton sepanjang 500 m, SPAL sepanjang 170 m, teras posyandu, ketahanan pangan, kolam lele dan toga, lapongan futsal dan bola kaki (pengupasan).

BACA JUGA : KRM Mukomuko Minta Inspektorat Beberkan Hasil Evaluasi Bumdes

“Semua sudah terealisasi 100 persen kecuali ketahanan pangan yang baru terlaksana 20 persen dan beberapa item lainnya. Iya, kita akan menyelesaikan dengan menggunakan anggaran tahap 3,” terang Kepala Desa Air Rami.

Untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD), lanjutnya, Pemda Air Rami telah merealisasikan sebanyak 91,3 persen dengan menyisakan anggaran sebesar Rp 243 ribu.

Ia berharap, tahun depan, jumlah anggaran yang diterima lebih besar, sebab dengan besaran dana saat ini, Pemdes Air Rami kewalahan dalam mengatur penggunaannya.

BACA JUGA : Inspektorat Mukomuko Minta, Pemdes Belanjakan APBDes Sesuai Aturan

“Nggak tahu pasti penyebab penurunan jumlah anggaran, kami berharap tahun depan besaran anggaran bertambah. Iya, repot juga, sebab anggaran itu sudah ada pos – posnya, seperti pegawai sarak, kan nggak mungkin dananya dihilangkan. Ini menyangkut tentang sosial, seperti kematian, itu kan nggak sembarangan orang yang menangani jenazah, “jelasnya.

Kendati demikian, Kepala Desa Air Rami mengaku ada kebijakan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko.

BACA JUGA : DPMD Mukomuko Ungkap Tentang Perjalanan Dinas, Belanja BLT-DD dan Ketahanan Pangan Tahun 2023

“Untuk menutupi kekurangannya, kita gunakan anggaran yang bersumber dari pendapatan asli desa, yakni kebun masyarakat desa (KMD). tapi kalau ada dana dari pusat, kan bisa digunakan untuk pembangunan lainnya, seperti rabat beton atau pembangunan fisik maupun non fisik lainnya. “demikian Kepala Desa Air Rami. (** YN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *