Musim Hujan, Warga Diminta Waspadai Penyakit Diare

BERANDA1696 Dilihat

Berita Mukomuko, Metro – Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko, mengimbau kepada seluruh masyarakat agar waspada terhadap kemungkinan ancaman penyakit diare selama musim hujan yang terjadi sejak sepekan belakangan ini.

Bagi masyarakat yang terkena diare, diminta agar segera berobat. Karena penyakit ini tidak boleh dinggap sepele. Sebab penyakit itu bisa mengakibatkan dehidrasi.

“Diare ini bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Dan sangat mudah menyerang manusia di saat musim hujan seperti sekarang. Makanya saya imbau agar masyarakat waspada,” pesan Plt Kepala Dinkes Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM.

I

Bustam Bustomo, SKM – Kepala Dinas Kesehatan Mukomuko (dok. Cipto)

a juga menjelaskan, diare yang muncul saat musim hujan, termasuk ke dalam jenis diare musiman. Itu sebabnya, musim hujan ini sangat rentan bagi warga terserang diare. Sementara pada musim penghujan, diare umumnya disebabkan oleh rotavirus.

Penyebaran rotavirus selama musim penghujan, kata Bustam, dapat melalui sanitasi yang tidak higienis. Sehingga seseorang yang mengkonsumsi air atau makanan yang sudah terkontaminasi maka akan mudah terkena diare.

“Agar kita bisa terhindar dari diare maka ada beberapa cara yang harus dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya, pastikan memasak makanan sampai matang dan konsumsi selagi hangat,” katanya.

Selain itu, hindari mengonsumsi buah dan sayuran mentah, kecuali buah dan sayuran yang bisa dikupas. Hindari juga daging mentah atau setengah matang. Dan pastikan meminum air yang sudah benar-benar matang. Hindari meminum air langsung dari ledeng atau air yang tidak direbus.

“Dan yang lebih penting lagi, cuci tangan dengan menggunakan sabun setelah beraktivitas dan sebelum makan. Karena ini juga untuk mencegah diare,” ingatnya. (YN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *