Pemkab Mukomuko Dorong Objek Wisata di 53 Desa Untuk Maju dan Berkembang

BERANDA6493 Dilihat

Kepala Desa Pilau Makmur dan Pengelola Objek Wisata Batu Kumbang Saat Menerima Piagam

BERITA MUKOMUKO, METRO – Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu terus berupa meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD dari seluruh sektor yang ada, termasuk diantaranya sektor pariwisata.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko terus mendorong pengembangan desa pariwisata. Tercatat, 53 dari seluruh desa yang ada di Kabupaten Mukomuko memiliki potensi untuk lebih maju dan berkembang.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga atau Disparpora Kabupaten Mukomuko, melalui Kepala Bidang Pariwisata Disparpora Kabupaten Mukomuko, Rizkan, SE mengungkapkan, instansinya terus berupaya memperkenalkan desa wisata melalui berbagai kegiatan, baik perlombaan atau promosi lainnya.

Air Terjun Mandi Angin yang terletak di Kecamatan Pondok Suguh Mukomuko.

Kata dia, belum lama ini, Desa Wisata Pulau Baru masuk 5 besar dalam lomba tingkat Provinsi Bengkulu

“Alhamdulillah, Desa Pulau Makmur masuk 5 besar tingkat Pemerintah Provinsi dalam ajang lomba desa wisata,” kata Kabid Pariwisata, Senin (27/11 /2023) di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, Desa Pulau Makmur lolos dan tampil di posisi ke 5 besar setelah panitia mengumumkan pemenang yang telah melalui penilaian dengan proses yang cukup panjang.

“Iya, ini satu – satunya Desa dari Kabupaten Mukomuko yang lolos dan memenuhi syarat dalam penilaian,” terang Kabid Pariwisata.

Objek Wisata Batu Kumbang di Kecamatan Ipuh

Kabid membeberkan, objek wisata yang diunggulkan adalah Pantai Batu Kumbang. Kedepan, kata Riskan, Pemerintah Daerah akan terus berupa semaksimal mungkin untuk melibatkan desa- d├ęsa lainnya yang memiliki potensi wisata.

Menurut Kabid Pariwisata, selain prestasi, dampak positif yang diperoleh adalah peningkatan ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu, kedepan, bagaimana caranya menjadikan wisata sebagai salah satu penggerak ekonomi masyarakat yang mumpuni dan dapat diandalkan.

“Dengan potensi yang ada, kita terus mendorong agar objek wisata di 53 desa ini terus berkembang dan maju.. Tentu dampaknya kepada perputaran ekonomi rakyat. Dan yang lebih penting lagi adalah menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.” tandasnya.

Diketahui, Kabupaten Mukomuko memiliki beragam kekayaan alam. Tidak hanya pantai, sektor wisata lainnya dapat dijumpai dengan mudah, seperti potensi wisata alam air terjun.

Salah satu adalah Air Terjun Mandi Angin yang terletak di Kecamatan Pondok Suguh Mukomuko.

Dengan ketinggian sekitar 75 meter, walaupun belum dikelola dengan maksimal, objek wisata ini mampu menarik para wisatawan lokal. (ADV KOMINFO /** YN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *