Pemkab Mukomuko Gelar Pelatihan bagi UMKM

BERANDA7461 Dilihat

Nurdiana, SE., M. AP – Plt Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Mukomuko

BERITA MUKOMUKO, METRO – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah atau Disperindagkop dan UKM Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu akan menggelar pelatihan untuk meningkatkan keterampilan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Plt Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Mukomuko, Nurdiana, SE., M. AP mengatakan, instansinya sudah pernah menggelar kegiatan serupa.

BACA JUGA : Dinkes Mukomuko Pantau Kesehatan Masyarakat cegah DBD

“Pelatihan ini merupakan pelatihan yang kedua bagi pelaku UMKM. Sebelumnya juga Disperindagkop dan UKM Mukomuko menggelar pelatihan bagi UMKM,” kata Plt Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Mukomuko, Jumat (01/09 /2023) di ruang kerjanya.

Kata dia, pelatihan gelombang kedua ini khusus pelaku UMKM di sektor kuliner dan pengrajin kerajinan tangan yang tersebar di daerah ini.

Plt Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Mukomuko menyebutkan, instansinya mengundang sebanyak 80 orang pelaku UMKM yang aktif melakukan aktivitas usahanya sebagai peserta dalam pelatihan ini.

BACA JUGA : Pemkab Mukomuko Pantau Pengelolaan Limbah Pabrik Sawit

Kemudian, katanya, sebanyak 80 orang pelaku UMKM peserta pelatihan akan dibagi dua tahap, yakni tahap pertama sebanyak 40 orang, lalu tahap selanjutnya sebanyak 40 orang lagi.

“Pelatihan tahap pertama diikuti oleh para pelaku UMKM yang bergerak di bidang kuliner, kemudian dilanjutkan dengan tahap kedua untuk pelaku kerajinan tangan atau pengrajin,” kata Nurdin di Mukomuko.

Plt Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Mukomuko melanjutkan, pihaknya akan mendatangkan narasumber atau tenaga pelatih dari Bengkulu untuk melatih para pelaku UMKM.

BACA JUGA : Dibangun Tahun 2022, Bangunan Mirip Box Culvert Milik Dinas Pertanian Mukomuko Retak

“Tenaga pelatih ini akan memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM tentang cara membuat produk yang baik sehingga disukai oleh konsumen,” terang Plt Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Mukomuko.

Masih kata Nurdiana, para pelaku UMKM di daerah ini juga dilatih tentang cara pengemasan barang sehingga terlihat menarik dan disukai oleh konsumen.

Selain itu, katanya, peserta pelatihan akan diberitahukan tentang teknik pemasaran produk hasil olahannya secara online, sehingga pemasaran menjadi lebih luas.

BACA JUGA : Pemkab Mukomuko Sediakan Motor Roda Tiga untuk BBI

“Kalau tahun lalu, kita melatih UMKM tentang cara pengemasan produk olahannya, tahun ini kita melatih UMKM selain tentang pengemasan dan pemasaran produk secara online,” ungkapnya.

Lebih lanjut Plt Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Mukomuko menerangkan, saat ini zaman digital, sehingga diharapkan UMKM memasarkan produk olahannya selain langsung ke warung, juga secara online.

“Selain mendatangkan ahli dalam bidang pengemasan, kami juga akan menghadirkan ahli IT agar bisa melatih para pelaku UMKM melek digital dan mampu memasarkan produk olahannya secara online,” jelasnya.

BACA JUGA : Pemkab Mukomuko dan Pessel Kerjasama Padamkan Kebakaran di Perbatasan

Ia menambahkan Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Mukomuko juga memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM tentang izin usaha seperti pangan industri rumah tangga (PIRT) agar produk dapat dipastikan dijual di swalayan.

“Saat ini, ada sebanyak 8.000 pelaku UMKM di daerahnya, namun tidak sampai sekitar 20 persen UMKM di antaranya yang sudah memiliki izin PIRT.” demikian Plt Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Mukomuko. (ADV KOMINFO /** YN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *