Peningkatan Badan Jalan Melalui Karya Bakti Kodim 0428/MM Dimulai

BERANDA1422 Dilihat

Berita Mukomuko, Metro – Kodim 0428/Mukomuko bersama Pemerintah Kabupaten Mukomuko menggelar syukuran pembukaan karya bakti Kodim 0428/MM Tahun 2022, Selasa (8/11/2022) bertempat di Balai Desa Maju Makmur, Kecamatan Penarik.

Digelarnya acara syukuran tersebut, sekaligus tanda dimulainya kegiatan tersebut. Sasaran karya bakti Kodim 0428/MM ini di dua lokasi, yakni di Desa Maju Makmur, Kecamatan Penarik dan Gajah Makmur, Kecamatan Malin Deman.

Pantai SMP Negeri usai pembukaan karya bakti (dok. Cipto)

Acara syukuran karya bakti Kodim 0428/MM ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Mukomuko, Wasri. Turut Hadir perwakilan FKPD, Waka II DPRD, Nopi Yanto, SH, dan anggota DPRD, Suntoko, S.Pd, Sekda Mukomuko, Drs. Yandaryat P, sejumlah Kepala OPD, dan Camat serta Kades yang menjadi sasaran karya bakti.

Dandim 0428/Mukomuko, Letkol. Czi. Rinaldo Rusdy, SIP menuturkan, karya bakti Kodim 0428/MM Tahun 2022 ini melaksanakan peningkatan ruas jalan dengan total 4,2 kilometer berada di dua lokasi.

Terlaksananya karya bakti ini, kata Dandim, tidak lepas dukungan pemerintahan Kabupaten Mukomuko, baik itu eksekutif maupun legislatif. Sebab, anggran untuk kegiatan ini bersumber dari APBD Mukomuko Tahun 2022.

“Di Desa Maju Makmur sepanjang 2,2 kilometer, dan di Desa Gajah Makmur sepanjang 2 kilometer. Semuanya peningkatan atau pengerasan atau pengoralan,” ungkap Dandim.

Dua lokasi sasaran karya bakti TNI ini, lanjut Lektol. Rinaldo, membutuhkan pemikiran dan tenaga ekstra. Ditambah lagi tantangan cuaca yang terus-menerus musim hujan. Kendati demikian, Dandim menargetkan, karya bakti TNI ini tuntas pertengahan Desember.

“Kami menargetkan, pekerjaan karya bakti ini tugas 15 Desember 2022,” tegas Dandim.

Ia berharap, peran aktif masyarakat baik di desa Maju Makmur sekitarnya dan Gajah Makmur sekitarnya dalam pengerjaan peningkatan jalan akses masyarakat ini nanti. Ia yakin, kerjasama TNI bersama rakyat akan semakin mempercepat target pembangunan.

“Saya berpesan, kepada semua yang bekerja untuk menjaga kesehatan. Bekerjalah dengan tulus dan ikhlas. Cepat selesai, maka cepat dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkas Dandim.

Dalam arahannya, Wakil Bupati, Wasri berpesan, khususnya kepada masyarakat untuk turut aktif membantu pembangunan yang dilaksanakan oleh TNI, Kodim 0428/MM. Selanjutnya, setelah pembangunan selesai, kewajiban masyarakat untuk menjaga. Karena hasil pembangunan itu nanti akan dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan masyarakat.

“Kalau ada tanah kepakai untuk jalan. Jangan susah. Kalau tanah dilintasi jalan, otomatis nilai atau harga tanah naik, kemudian kalau untuk angkutan hasil tani lebih mudah. Tidak ada ruginya kalau lahan kita dibelah jalan,” sampai Wabup.

Tidak lupa, Wabup menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada TNI khusunya Kodim 0428/MM, yang selama ini telah banyak membantu percepatan pembangunan daerah.

“Kami apresiasi dan ucapkan terimakasih kepada TNI, selama ini sudah membantu Pemkab melakukan percepatan pembangunan, yang tujuannya tidak lain untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat,” demikian Wabup.

Ditambahkan Plt. Kadis PUPR Mukomuko, Apriansyah, ST., MT. Dana masing-masing lokasi karya bakti Kodim 0428/MM ini sebesar Rp 1,295 miliar. Adapun pekerjaan yang dilaksanakan, untuk ruas jalan Maju Makmur, diantaranya pengoralan, pelapis tebing, dan gorong-gorong. Dengan panjang ruas jalan 2,2 kilometer.

“Kalau yang di Gajah Makmur, pekerjaannya diantaranya, pembukaan jalan, pengoralan, potong tebing, pelapis tebing. Untuk pajang ruas jalan 2 kilometer,” demikian Apriansyah. (BG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *