Satgas Covid-19 Mukomuko Akan Terapkan Perda No 5 Tahun 2021 Pekan Depan

Hukum1557 Dilihat

Berita Mukomuko, Metro – Satuan Tugas (Satgas) penanganan Corona Virus Disease 2019 atau lebih dikenal dengan sebutan Virus Covid-19 akan menerapkan sanksi tegas kepada masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Juru bicara Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo mengatakan penerapan sanksi itu berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

banner 970x250

Ia mengungkapkan, Perda tersebut akan diberlakukan pekan depan. Bustam mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi prokes dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya Covid-19 bukan untuk ditakuti melainkan di pelajari agar keluarga dan lingkungan dapat terhindar dari paparan virus yang telah menginfeksi jutaan manusia itu.

“Akan diberlakukan pekan depan dan ini berlaku untuk seluruh masyarakat seperti perorangan, pelaku usaha dan pengelola tempat dan fasilitas umum, wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19 dalam beraktivitas/berkegiatan,” kata Bustam Bustomo, Juru bicara Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Mukomuko, Jum’at (23/07 /2021) melalui sambungan telepon seluler

Masih menurut Juru bicara Satgas, kegiatan tersebut bertujuan untuk menuju masyarakat yang aman, sehat dan produktif serta mengharuskan setiap orang melakukan 4 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Di tempat terpisah, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Mukomuko Busra membenarkan hal itu.

“Benar, Perda tentang Covid-19,” kata Busra, Rabu (21/07 /2021) melalui pesan whatsapp.

Diketahui, selain memberikan sanksi, seperti kerja sosial, pembubaran kegiatan atau Denda Peraturan Daerah tersebut menyebutkan, para pelaku usaha dan pengelola tempat dan fasilitas umum, diwajibkan menyiapkan sarana dan prasarana 4M.

Bagi masyarakat yang melanggar akan diberlakukan sanksi tegas lainnya yakni penghentian kegiatan usaha hingga pencabutan Izin usaha serta Denda. (YN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *