Vaksinasi Tetap Dilakukan Meski Kasus PMK Melandai

Kesehatan1640 Dilihat

Berita Mukomuko, Metro – Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pertanian (Distan) terus melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak milik masyarakat seperti pemberian vaksin PMK pada hewan ternak.

Upaya yang telah dilakukan membuahkan hasil, saat ini kasus PMK di Kabupaten Mukomuko turun dari kasus sebelumnya.

banner 970x250

“Alhamdulillah untuk kasus PMK sudah melandai. Ribuan hewan ternak yang terkena PMK sudah dinyatakan sembuh atau sehat, namun masih ada juga hewan ternak yang saat ini masih dilakukan pengobatan,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST., MT, ketika dikonfirmasi kemarin, Minggu (6/11/2022).

Apriansyah, ST – Kepala Dinas Pertanian Mukomuko (dok. Cipto)

Dikatakan Apriansyah, meskipun kasus penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di daerah ini turun drastis, pihaknya juga akan terus melakukan vaksinasi untuk hewan ternak yang belum terkontaminasi dengan penyakit mulut dan kuku.

“Kita masih terus melakukan upaya pencegahan kasus PMK ini dengan terus melakukan vaksinasi ke hewan ternak yang belum terkena PMK,” terangnya.

Ditambahkannya, bahwa untuk ketersediaan vaksin PMK di daerah ini masih cukup, pasalnya Distan Mukomuko juga mendapat tambahan atau bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Pertanian sebanyak 5.000 dosis.

“Ya, kemarin kita mendapatkan bantuan sekitar 5.000 dosis vaksin PMK dari Kementan,” sebutnya.

“Kita berharap dengan adanya tambahan vaksin dari pemerintah pusat ini bisa terus mengurangi dan menekan perkembangan kasus penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di daerah ini,” imbuh Apriansyah. (YN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *