Warga ‘Serbu’ Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Bupati Mukomuko : Dahulukan Pelayanan

Advertorial8186 Dilihat

Suasana pasar murah di halaman kator Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko

BERITA MUKOMUKO, METRO – Warga di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyerbu pasar murah yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Rabu (29/11/2023) di halaman kantor tersebut.

banner 970x250

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM). Gerai pangan lokal tersebut dibuka langsung oleh Bupati Mukomuko, H. Sapuan dengan tujuan stabilitasi pasokan dan harga pangan.

Pantauan beritamukomuko.com di lokasi, sejumlah bahan kebutuhan pokok terpanjang di stand, diantaranya minyak goreng, telur, beras, gula, bawang, ikan cabe dan produk makanan lokal termasuk buah – buahan.

Edi, salah satu pengunjung kepada beritamukomuko.com mengatakan, Ia dan istrinya datang kelokasi sejak pagi hari. Ia memilih datang lebih awal lantaran takut kehabisan barang yang menurutnya dibadrol dengan harga dibawah pasaran.

“Dari pagi saya dengan istri datang. Iya mas, katanya harganya murah,” kata Edi sembari menunggu stand buka.

Kendati acara yang dijadwalkan dibuka oleh Bupati Mukomuko belum dilaksanakan, namun sejumlah pengunjung telah bertaransaksi dengan panitia.

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko, Elxandi Utria Dharma, S.STP dalam sambutanya menyampaikan, barang yang disediakan cukup untuk masyarakat yang diperkirakan datang, namun sebelum pembukaan parah pengunjung tidak bisa ditahan lagi.

“Izin pak Bupati, perlu diketahui, stok barang yang disiapkan saya rasa cukup untuk masyarakat yang diperkirakan akan datang, namun sebelum pak Bupati tiba, masyarakat nampaknya nggak tahan lagi,” kata Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko dalam sambutanya dihadapan Bupati Mukomuko.

Lebih lanjut Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko mengatakan, pasar murah yang digelar merupakan atensi dari pemerintah pusat, yakni Badan Pangan Nasional.

“Ini merupakan atensi dari Badan Ketahanan Pangan Nasional dengan tujuan untuk stabilitas pasokan dan harga pangan,” kata Plt Kepala Dinas.

Tidak hanya itu, lanjutnya, kegiatan ini juga merupakan langkah pemerintah dalam pengendalian inflasi. Katanya, selain pasar murah, Dinas Ketahanan Pangan juga meresmikan gerai pangan lokal.

“Pembentukan gerai pangan lokal ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan komoditi dan harga pangan yang wajar. Dalam perjalanannya, kami melibatkan usaha menengah kecil (UMK), gapotak, kelompok tani. Dengan demikian, produk loka bisa ambil bagian,” Plt Kepala Dinas.

“Kalau harga, kami juga memberlakukan harga normal, atau bisa dikatakan ada yang dibawah harga pasar.

Bupati Mukomuko H Sapuan yang hadir sedikit terlambat dari jadwal menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatannya. Kata dia, pelayanan terhadap masyarakat lebih utama ketimbang harus menunggu kehadirannya, sebab kepentingan masyarakat adalah hal yang utama.

“Saya mohon maaf atas keterlambatan karena ada kegiatan. Namun bagi saya, Pembuatan ini hanya serimonial saja, kepentingan masyarakat diatas segalanya. Terlebih ini masalah kebutuhan pangan keluarga. Nggak apa-apa, yang penting pelayanan,” kata Bupati Mukomuko. (ADV KOMINFO /** YN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *