17 Puskesmas di Mukomuko Segera Reakreditasi

BERANDA2073 Dilihat

Bustam Bustomo, SKM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko

BERITAMUKOMUKO.COM, METRO – Setelah sempat tertunda, sebanyak 17 Puskesmas di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu akan melaksanakan Re Akreditasi. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Bustam Bustomo, SKM, Selasa (04/01/2023) di ruang kerjanya

Bustam mengungkapkan, sejauh ini pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko telah melakukan berbagai persiapan, namun untuk keputusan tetap menunggu intruksi dari Pemerintah Pusat.

Kemudian Dinkes Mukomuko juga menyatakan bahwa untuk Re- Akreditasi untuk 17 Puskesmas ini, dilaksanakan sesuai dengan yang telah diprogramkan. Program akreditasi ini sebelumnya sempat tertunda beberapa tahun belakangan ini akibat pandemi Covid -19.

Sejauh ini sudah 3 tahun gagal dilaksanakan. Karena faktor pandemi sehingga tim pelaksana akreditasi tidak lelusa untuk datang ke Puskesmas – Puskesmas yang ada.

Diungkapkan Kadis Kesehatan Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM. Bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, namun saat ini pihaknya masih menunggu surat rekomendasi terkait dengan pelaksanaan akreditasi puskesmas ini.

” Untuk Re – Akreditasi puskesmas di Kabupaten Mukomuko secara anggaran sudah disediakan. Disamping kita menggunakan dana Dak non fisik, kita sudah menganggarkan melalui Apbd,” kata Bustam.

Ditambahkannya, Bustam. Untuk akreditasi puskesmas ini sendiri juga sistemnya ada perubahan, yakni sebelumnya untuk tim akreditasi ditunjuk dari pihak dinas. Namun aturan terbaru, tim untuk akreditasi puskesmas ini sendiri nantinya merupakan tim independen