6 Kebijakan Utama Pemerintah Tahun 2022

BERANDA2066 Dilihat

Berita Mukomuko, Metro – Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko secara resmi menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2022, Senin (29/11 /2021) di ruangan Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika.

DIPA dan TKDD ini diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara virtual ke beberapa Pimpinan Kementerian/Lembaga (K/L) dan seluruh Pimpinan K/L dan Daerah.

Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko bersama Pimpinan OPD saat virtual (dok.BG)

Presiden RI, Jokowi dalam sambutannya menyampaikan saat ini wabah virus Covid-19 masih ada. Ia mengingatkan semua harus tetap waspada bebas Pandemi masih menjadi ancaman dunia termasuk Indonesia.

“Saya ingatkan, virus Corona masih ada dan masih jadi ancaman dunia termasuk Indonesia, bahkan di beberapa Negara telah muncul varian baru yaitu Varian Omicron,” kata Jokowi, Senin (29/11 /2021) di Istana Negara.

Untuk menghadapi ketidakpastian ini, lanjut Presiden, Pemerintah harus merancang APBN tahun 2022 yang responsif, antisipatif, dan juga fleksibel, selalu berinovasi dan mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi, dengan tetap menjaga tata kelola yang baik.

Untuk tahun anggaran 2022, ada 6 kebijakan utama yang difokuskan, yakni :

  1. Melanjutkan pengendalian Covid-19 dengan tetap mempertahankan sektor kesehatan.
  2. Menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat kurang mampu dan rentan.
  3. Peningkatan SDM yang unggul.
  4. Melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi.
  5. Penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antar daerah.
  6. Melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero base budgeting agar belanja lebih efisien.

Ditempat terpisah, Bupati Mukomuko Sapuan, SE., MM yang didampingi wakilnya mengatakan DIPA dan TKDD telah diserahkan kepada Kementerian dan Gubernur.

“Nanti tanggal 3 akan diserahkan lagi ke Kabupaten/Kota. Presiden menyampaikan 6 prioritas, yang utama adalah Covid-19 jadi perhatian bersama. Ya, semua arahan Presiden ini akan kita tindaklanjuti setalah nanti kita menerima resmi DIPA,”kata Bupati Mukomuko.

Masih kata Sapuan, Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko akan memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk persiapan.

“Berbagai hal akan terus kita prioritaskan, yang terpenting adalah waktu sebulan ini bisa persiapan lebih awal.” pungkasnya (BG)