Antisipasi Gangguan Listrik, PLN ULP Mukomuko Himbau Masyarakat Perhatikan Ini

BERANDA1052 Dilihat

Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Mukomuko, Ferry Adrianta Ferdani

BERITA MUKOMUKO, METRO – Untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik khususnya di kabupaten Mukomuko, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kabupaten Mukomuko meminta masyarakat agar tidak menanam pohon atau pendirian bangunan rumah berdekatan dengan tiang listrik.

“Kami himbau kepada masyarakat agar tidak sembarangan menanam pohon atau mendirikan bangunan rumah dan lainnya berdekatan dengan tiang listrik, karena hal ini sangat berbahaya. Jarak aman yakni 3 meter atau 5 meter dari jaringan listrik,” jelas Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Mukomuko, Ferry Adrianta Ferdani, Senin (03/02/2023)

Dikatakan Ferry, jaringan listrik memiliki tegangan tinggi. Beberapa meter dari kabel sudah ada induksi. Oleh sebab itu tanaman pohon yang berada disekitar tiang listrik, keberadaannya cukup berbahaya bagi masyarakat. Selain itu, tanaman pohon yang dekat dengan jaringan listrik kerap menjadi penyebab utama gangguan dan pemadaman listrik karena gesekan kabel jaringan dengan pohon tersebut.

“Ini bisa menyebabkan padam listrik, korsleting listrik dan bisa menyebabkan kematian akibat tersengat arus listrik,” sambungnya.

Ferry juga menghimbau kepada masyarakat apabila melakukan penebangan pohon atau melakukan perawatan dan kegiatan lainnya dekat jaringan listrik, dapat berkoordinasi dengan petugas PLN.

“Jangan dilakukan sendiri, karena ini sangat bahaya,” pungkas Ferry. (FMG)