Membangun Kembali Indonesia dari Covid-19 ‘ala’ BPK

BERANDA1095 Dilihat

Berita Mukomuko, Metro – Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Dr. Agung Firman Sampurna, CSFA., CFrA, CGCAE.,QGIA resmi melaunching buku pendapat ( Strategic Forensight) dengan judul ‘Membangun Kembali Indonesia dari Covid-19 dengan skenario, peluang dan tantangan Pemerintah yang tangguh.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual dan dihadiri oleh Wasri, Wakil Bupati Mukomuko.

Agung menyampaikan, Foresight BPK dilakukan dalam menghadapi ketidakpastian dengan cara menyusun kajian perspektif jangka panjang mengenai berbagai kondisi, peluang, tantangan dan resiko yang mungkin terjadi di masa dan pasca pandemi Covid-19.

Menurut Agung, Foresight BPK disusun dengan metode scenario planning yakni menggunakan data hasil pemeriksaan BPK dan data tren serta bekerjasama dengan para ahli juga melibatkan Pimpinan dan Kepala Daerah.

Ketua BPK mengungkapkan, sedikitnya ada empat kemungkinan skenario tahun 2021 sampai 2026 mendatang yakni, berlayar menaklukkan Samudra.

“Ini skenario pertama dan merupakan skenario terbaik, dimana respon Pemerintah terhadap krisis menjadi lebih efektif dan tingkat keparahan pandemi mereda. Skenario kedua adalah mengarung ditengah badai, bisa dikatakan, masyarakat beradaptasi dengan kehidupan sosial baru. Yang ketiga, tercerai-berai terhempas lautan. Ini merupakan skenario terburuk dengan respon Pemerintah Kurang efektif dan terakhir Kandas telantar surutnya pantai. Kata lain adalah ditandai dengan meredanya pandemi namun respon Pemerintah terhadap krisis kurang efektif, “papar Agung.

Masih kata Agung, dari empat skenario tersebut, terdapat lima tema yang perlu mendapat perhatian Pemerintah, karena ini akan turut membantu keberhasilan Pemerintah dalam mengatasi pandemi dan krisis Global dikemudian hari yaitu reformasi kesehatan, pajak dan keseimbangan fiskal, visi serta kepemimpinan Pemerintah, transformasi digital, tata kelola data dan kualitas sumber daya manusia.

“Harapan atas foresight yaitu skenario yang disajikan dalam foresight BPK, ini bukanlah prediksi tentang masa depan, akan tetapi sarana untuk melihat kembali berbagai asumsi tentang masa depan masyarakat dan para pengambil keputusan dapat memantau indikator atau signpost yang berguna untuk mengidentifikasi skenario yang sedang terjadi melalui website strategic foresight BPK, serta menginspirasi Pemerintah Pusat dan Daerah untuk mulai menerapkan strategic foresight.”pungkasnya. (YN)