Bupati Sapuan Pantau Posko, Pemkab Mukomuko Totalitas Dukung Operasi Ketupat Tahun 2023

BERANDA2732 Dilihat

Bupati cek kendaraan yang akan digunakan untuk fasilitas pendukung pengamanan libur lebaran.

BERITAMUKOMUKO.COM, KOTA – Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM bersama Kapolres, AKBP. Nuswanto dan Dandim, Letkol. Czi. Rinaldo Rusdy serta sejumlah kepala OPD memantau posko pengamanan dan pelayanan lebaran Idul Fitri 1444 hijriah yang didirikan Polres Mukomuko, Selasa (18/04/2023).

Bupati menyatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko akan totalitas mendukung Polri melaksanakan Operasi Ketupat tahun 2023.

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan Pemkab Mukomuko dalam operasi Ketupat Tahun 2023 yaitu mengerahkan personel untuk bergabung di 3 pos pengamanan dan 2 pos pelayanan yang didirikan dalam misi pengamanan arus mudik, arus balik dan kegiatan masyarakat pada libur Hari Raya Idul Fitri 1.444 Hijiriah.

Bupati hadiri Apel Gelar pasukan operasi Ketupat – 2023

Bupati menyebutkan, Pemkab Mukomuko akan memperbantukan tenaga kesehatan, Polisi Pamong Praja (Pol-PP), petugas perhubungan masing-masing 2 orang di pos pengamanan dan pos pelayanan. Termasuk juga, Pemkab Mukomuko menyiapkan tim penyelamatan dari Dinas Damkar dan Penyelamatan serta Tim dari BPBD jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Ini bentuk sinergitas antara Pemkab Mukomuko dengan TNI-Polri. Pengamanan arus mudik dan arus balik, serta seluruh kegiatan hari Raya Idul Fitri ini bukan hanya Tanggungjawab Polri dan TNI, tapi tanggungjawab kita semua. Personel dari Pemkab akan bergabung dengan personel TNI-Polri, termasuk fasilitas penunjang seperti kendaraan,” sampai Bupati.

Setelah memantau fasilitas dan kesiapan pos, Bupati menyalurkan logistik berupa makanan siap saji dan minuman kemasan kepada Pesonil yang piket untuk kebutuhan selama menjalankan tugas.

“Ini kegiatan rutin kita setiap tahun. Setiap lebaran Idul Fitri. Alhamdulillah, pos pantau ini dibangun sangat bagus dan personilnya juga lengkap dan siap mengamankan lebaran Idul Fitri,” kata Bupati.

“Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang akan piket melakukan pengamanan. Kami tentu tidak dapat membalas secara materi atas tenaga, waktu serta pikiran yang telah dikorbankan. Tapi, Insya Allah akan dicatat sebagai amal ibadah,” sambung Sapuan.

Bupati, Kapolres, dan Dandim pantau Posko pelayanan dan posko pengamanan.

Ia mengibau kepada pemudik dan masyarakat daerah ini untuk memanfaatkan posko pengamanan dan pelayanan yang didirikan Polres Mukomuko ini. Baik sebagai tempat istirahat maupun untuk mendapat informasi.

“Kami berharap kepada masyarakat dapat memanfaatkan posko ini dengan baik untuk mencari informasi penunjuk arah, untuk pengaduan dan yang lainnya. Posko ini memberikan pelayanan selama 24 jam,” beber Bupati.

Sementara itu Kapolres Mukomuko, AKBP. Nuswanto, SH, S.Ik, MH menyatakan saat ini seluruh personil sudah menempati posko masing-masing untuk memberikan pengamanan dan pelayanan bagi masyarakat. Kapolres juga mengapresiasi Bupati dan jajaran yang telah memberikan motivasi kepada personil yang bertugas dari TNI, Polri dan dari pemerintah daerah.

“Kami mewakili dari personil yang bertugas mengucapkan terimaksih banyak atas dukungan kuat dari Pemkab Mukomuko,” ujar Kapolres.

Kapolres juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat memanfaatkan posko dengan baik untuk istirahat, untuk ngopi, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, penunjuk arah dan lainnya.

“Bahkan kalau ada pengendara yang mengalami ban bocor juga bisa mampir di posko – posko yang sudah kami dirikan di lima lokasi,” pungkasnya. (ADV KOMINFO /* * YN)