Di Kunjungi Danlantamal II Padang, Sekda Ceritakan Tentang Mukomuko

BERANDA732 Dilihat

Berita Mukomuko, Metro – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II Padang, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistyono, SE., MM mengunjungi Kabupaten Mukomuko, Rabu (16/02/2022). Kedatangannya ini dalam rangka kunjungan kerja ke teritorial Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu, Pos AL Mukomuko.

Kedatangan Endra Sulistyono disambut oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Mukomuko.

Foto bersama saat kunjungan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II Padang (dok.BG)

Bupati Mukomuko melalui Pj Sekdakab Mukomuko, Drs. Yandaryat dalam sambutanya menyampaikan sekelumit gambaran tentang Daerah Mukomuko. Yandaryat mengungkapkan, sasih ini, Kabupaten Mukomuko genap berusia 19 tahun.

“Mukomuko yang juga dikenal dengan nama Kapuang Sakti Ratau Batuah bulan ini memasuki usia yang ke 19 tahun sejak dimekarkan tahun 2003,”kata Yandaryat.

Dalam situasi yang kondusif, rukun dan penuh kedamaian, lanjutnya Kabupaten Mukomuko terdiri dari berbagai etnis, adat, suku, agama, ras dan budaya.

“Bicara tentang ekonomi, tumpuan ekonomi masyarakat pada umumnya dari hasil pertanian. Sebagian besar pendapatan masyarakat diperoleh dari hasil bercocok tanam padi dan perkebunan kepala sawit. Sedangkan warga yang tinggal di wilayah pesisir, sebagian diantara mereka menopang hidup sebagai nelayan,”terangnya.

Laksamana Pertama TNI Endra Sulistyono mengungkapkan, kunjungan kerja ini merupakan momen penting untuk berbagi informasi. Ia mengatakan jajaranya untuk senantiasa mendukung program Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan pembangunan untuk percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Untuk mendukung kemajuan ekonomi masyarakat pesisir, tingkatkan pengawasan terhadap alat tangkap terlarang,’’ ucap Endra.

Selain itu, Endra menerangkan dukungan dilakukan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) TNI AL. Ia menginisiasikan Kabupaten Mukomuko bagian dari daerah pilihan untuk dijadikan lokasi pembangunan Kampung Bahari Nusantara.

“Di Nagari Sungai Pinang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, setelah ada Kampung Bahari Nusantara, ekonomi masyarakat setempat bisa tumbuh dengan sendirinya. Kita berharap, setidaknya di 2023 nanti, Mukomuko telah memiliki Kampung Bahari,” pungkasnya (BG)