Antisipasi Lakalantas, Truk Sawit Diingatkan Gunakan Jaring

BERANDA655 Dilihat

Berita Mukomuko, Metro – Kapolres Mukomuko, AKBP. Nuswanto, SH., S.Ik., MH melalui Kasatlantas, AKP. Fery Octaviari Pratama, S.Ik., MH, mengingatkan tandan buah segar (TBS) sawit yang diangkut menggunakan truk maupun mobil ditutup menggunakan jaring.

Katanya, hal itu ia sampaikan, tidak lain sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di wilayah hukum Polres Mukomuko.

“Kalau tidak ditutup jaring, khawatir membahayakan pengendara lain. Makanya kami mengimbau agar truk angkutan sawit menutup muatannya dengan jaring,” kata Fery ketika dikonfirmasi, Minggu (4/12/2022).

Tidak hanya mengimbau agar menutup buah sawit di atas truk dengan jaring. Kasat Lantas juga meminta agar ketinggian buah sawit tidak terlampau tinggi melebihi bibir bak truk atau bak angkutan sawit lainnya. Hal ini sebagai upaya pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Kalau gunakan jaring kemudian ketinggian dibatasi akan aman dan membuat nyaman pengendara lain karena buah tidak akan jatuh,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kebijakan menutup muatan buah sawit di atas truk dengan jaring sempat diberlakukan di Kabupaten Mukomuko. Sayangnya, saat sekarang ini, sudah sangat jarang truk sawit menutup angkutannya dengan jaring. Sehingga dikhawatirkan bisa memicu kecelakaan. (YN)