PUPR Bengkulu Kucurkan Dana 3,5 Miliar Lebih untuk MtsN 01 Mukomuko

BERANDA2007 Dilihat

Berita Mukomuko, Ipuh – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Bengkulu mengucurkan dana sebesar Rp 3, 5 miliar untuk merehab 20 ruang kelas belajar atau RKB di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MtsN) 01 Mukomuko Tahun Anggaran 2022.

Kepala MtsN 01 Mukomuko, Mulyadi, M. Pd ketika dikonfirmasi beritamukomuko.com membenarkan hal ini. Menurutnya, pekerjaan rehab telah berjalan 2 bulan terakhir

”Insyaallah, tahun ini sekolah kita MTsN 1 Mukomuko mendapatkan bantuan dana rehab RKB siswa dari pemerintah yang sebesar Rp. 3, 5 miliar lebih, dikucurkan melalui PUPR Provinsi Bengkulu. Dan pekerjaannya hingga kini, telah berjalan kurang lebih 2 bulan. Mudah-mudahan pembangunan ini nantinya, berjalan lancar tanpa ada suatu halangan apapun,”tutur Muliyad, Kamis (21/07/2022)

Terpisah, pelaksana pekerjaan, Ahmad mengungkapkan, terhitung Kamis (21/07 /2022) pihaknya telah melaksanakan pekerjaan selama 52 hari

Ahmad menjelaskan secara rinci jumlah item pembangunan yang direhab di MTsN 1 Mukomuko yakni, RKB sebanyak 17 RKB, rekonstruksi bongkar total (ganti baru) 3 RKB. Selain itu, rehab lapangan, rehab gapura, selasar (jalan penghubung antar kelas dan pengecatan pagar). Ia mengatakan, beberapa item yang diganti dalam rehab RKB tersebut adalah bagian rangka atap yang sebelumya menggunakan kayu yang diganti dengan bahan (baja ringan)

“Untuk atap, sebelumnya dari seng biasa dan akan diganti menggunakan materi jenis atap metal yang berpasir. Sedangkan plafon, sebelumnya dari triplek diganti pakai plafon PPC. Keramik dan pengecatan ulang secara total, termasuk perbaikan saluran air hujan, “terangnya

Lebih lanjut Ahmad menjelaskan, besi yang digunakan untuk rehab RKB tersebut, sesuai arahan dari konsultan adalah besi D 13 (ulir) dan besi polos ukuran 8 mm, besi 10 mm dan besi 12 mm.

“Jenis Besi D 13 (ulir) digunakan untuk kolom dan slof bawah di atas pondasi. Sedangkan jenis besi ukuran 12 mm, digunakan untuk reng balok (di atas pasangan bata). Sementara jenis besi ukuran 10 mm dipakai untuk balok lateral atau balok kantong di atas pintu dan jendela. Sedangkan jenis reng baja ringan sendiri yang dipakai adalah merek Knal C teras 75. 75.” tutupnya. (yd)