Bupati Mukomuko Serahkan Mobil Damkar Untuk Dinas Pemadam Kebakaran

BERANDA5770 Dilihat

(dari kiri ke kanan) Wakil Bupati Mukomuko, Wasri – Bupati Mukomuko, Sapuan dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko, Ramdani

BERITA MUKOMUKO, METRO – Bupati Mukomuko Provinsi Bengkulu, H. Sapuan, S.E menyerahkan satu unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk Dinas Pemadam Kebakaran, Selasa (29/08 /2023) di halaman Kantor Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko.

Sapuan berharap, dengan tambahan armada ini, dapat memperkuat pasukan pemadam dalam menjalankan tugasnya. “Saya berharap mobil Damkar yang baru ini dapat memperkuat mobil damkar yang ada di daerah ini,” kata Bupati Mukomuko di sela-sela kegiatan.

BACA JUGA : DPRD Mukomuko Gelar Rapat Paripurna HUT RI ke 78

Penyerahan mobil Damkar disaksikan oleh Wakil Bupati Mukomuko Wasri, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko Ramdani, Kepala Dinas Kominfo Novria Eka Putra, dan pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko.

Setelah ada mobil Damkar baru, ia memprogramkan, sejumlah mobil damkar yang lama dan selama ini tidak berfungsi untuk melakukan pemadaman kebakaran di daerah ini direvitalisasi.

BACA JUGA : Sekda Mukomuko Dukung Pembentukan Desa Tangguh Bencana

“Sesungguhnya mobil Damkar sifatnya “stand by” atau siaga karena yang namanya kendaraan siaga seiiring waktu ada yang tidak berfungsi alatnya,” terang Bupati Mukomuko.

Untuk itu, Bupati Mukomuko memerintahkan Dinas Pemadam Kebakaran untuk membuat perencanaan yang matang terkait dengan revitalisasi mobil Damkar yang tidak berfungsi lagi.

Kata dia, Pemerintah Daerah mengambil langkah revitalisasi kendaraan Damkar yang lama karena untuk membeli kendaraan yang baru membutuhkan anggaran yang cukup besar.

BACA JUGA : Pemkab Mukomuko gelar PSN serentak tekan kasus DBD

Selain melakukan revitalisasi mobil Damkar yang lama, Bupati Mukomuko menyarankan, Dinas Pemadaman Kebakaran untuk melakukan pencegahan kebakaran dengan cara memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Dalam sosialisasi itu katanya, Dinas Pemadaman Kebakaran melibatkan masyarakat, Camat, dan Kepala Desa. Hal ini, lanjutnya, untuk memberikan wawasan penyadaran kepada masyarakat terkait penyebab terbanyak terjadinya kebakaran rumah di daerah ini.

Bupati Mukomuko meminta, instansi terkait tidak menunda kegiatan sosialisasi tentang bahaya kebakaran kepada masyarakat.

BACA JUGA : DPUPR Mukomuko Pantau Perkembangan Proyek Pembangunan Jalan Inpres

Menurut Bupati Mukomuko, salah satu cara untuk melakukan upaya pencegahan kebakaran rumah dengan menyediakan kabel listrik yang Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk warga miskin.

“Kami minta dinas selain mensosialisasikan cara pencegahan kebakaran rumah dan menganggarkan dana untuk pembelian kabel SNI untuk warga miskin di daerah ini,” jelasnya.

BACA JUGA : DPRD Mukomuko Akan Cek Limbah di Pabrik ini

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko Ramdani, SE mengatakan, instansinya mengusulkan revitalisasi sebanyak dua mobil Damkar yang tidak berfungsi di dinas ini.

“Usulan revitalisasi mobil Damkar yang tidak berfungsi di daerah ini dilaksanakan secara bertahap setiap tahun.” jelas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko. (ADV KOMINFO/YN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *