Pemdes Mundam Marap Rampungkan Kegiatan Fisik 2023

BERANDA3553 Dilihat

Realisasi APBDes tahun 2023 berupa pembangunan fisik yang dilakukan oleh pemerintah desa Mundam Marap Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu

BERITA MUKOMUKO, IPUH – Pemerintah Desa Mundam Marap Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu memastikan, seluruh kegiatan fisik yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023 selesai di realisasi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Mundam Marap melalui Sekretaris Desa Dedi Riansyah. Kata dia, APBDes tahun ini direalisasikan ke beberapa item, baik fisik maupun non fisik.

BACA JUGA : Distan Mukomuko Akan Cek Sawah di Kecamatan Ipuh

Untuk kegiatan fisik, terang Dedi berupa pembangunan drainase sepanjang 100 meter yang menelan anggaran sebesar Rp 71.500.000. Tidak hanya itu, lanjutnya, Pemerintah Desa Mundam Marap juga melakukan kegiatan berupa peningkatan gedung Polindes dengan anggaran sebesar Rp 69.402.500.

“Untuk Polindes, kami membangun pagar dan teras. Selain 2 item tadi, kami juga melakukan pengoralan jalan sepanjang 342 meter dengan anggaran Rp 62.440.000, dan pembangunan parkir TPQ dengan volume 17×5 meter dengan anggaran Rp.53.946.500, kata Sekretaris Desa Mundam Marap, Senin (18/09/2023) di ruang kerjanya.

BACA JUGA : Dinkes Mukomuko Rancang Kebutuhan RS Pratama

Masih kata Sekdes Mundam Marap, dari seluruh anggaran yang digunakan untuk kegiatan fisik, terdapat Silpa atau sisa anggaran dari setiap kegiatannya.

“Secara keseluruhan, semua pekerjaan fisik sudah selesai dengan keterangan output 100%. Nah, dari kegiatan itu (fisik) ada Silpa. Untuk rincian (Silpa) adalah dari pembangunan drainase sebesar Rp 4.856.770, dari kegiatan peningkatan gedung Polindes Rp 2.456.490, dari kegiatan pengoralan jalan Rp 4.377.500, dan dari pembangunan parkir TPQ Rp 7.496.030,” terang Sekdes Mundam Marap.

Dedi juga menjelaskan, seluruh pekerjaan fisik telah dilakukan monitoring dan evaluasi oleh tim yang berasal dari pemerintah Kecamatan yang juga dihadiri oleh BPD dan tenaga pendamping desa serta perwakilan masyarakat.

BACA JUGA : DPMD Mukomuko Beberkan Tentang Publikasi APBDes dan Peran BPD

“Kita selalu berkoordinasi intens dengan pihak terkait untuk pengawasan dengan mengacu pada Permendagri Nomor 73 Tahun 2020 tentang pengawasan dan pengelolaan keuangan desa,” jelasnya.

Lebih jauh Sekdes Mundam Marap membeberkan, kedepan, silpa tersebut menjadi perhatian khusus, sebab, jika dilihat dari jumlahnya, tidak sedikit.

“Untuk jumlah silpa ini kan besar, ada sekitar Rp 19 juta an. Tentu ini akan menjadi perhatian khusus. Artinya, akan menjadi salah satu bahan evaluasi bagi pemdes dalam penganggaran untuk tahun 2024 nanti untuk , lebih cermat dalam perencanaan penganggaran,” jelasnya.

BACA JUGA : Realokasi DD, DPMD Mukomuko Gunakan Regulasi Teranyar

Efisiensi penganggaran yang dimaksud, ujarnya, agar optimalisasi hingga penyerapan anggaran (APBDes) lebih maksimal. Hal ini ini dilakukan untuk menekan jumlah Silpa.

Sekretaris Desa Mundam Marap menuturkan, saat ini, Pemerintah Desa sedang menunggu transfer anggaran tahap III dan realokasi BLT yang telah selesai pengajuannya pada awal September lalu. Menurutnya, Pemdes hanya menyisakan kegiatan untuk program ketahanan pangan yaitu pengadaan hewan ternak.

BACA JUGA : DPRD Mukomuko Sarankan Pemda Gunakan Dana BTT Atasi Kekeringan Lahan Sawah

“Iya, program kegiatan yang belum direalisasikan adalah ketahanan pangan yakni pengembangan sapi. Untuk program ini, persiapan pelaksanaannya sudah berjalan sekarang dilaksanakan oleh Kasi yang membidangi selaku PKA kegiatannya,” demikian Sekdes Mundam Marap.

Terpisah, Camat Ipuh, Sepradanur, S. Sos ketika dikonfirmasi beritamukomuko.com mengapresiasi kinerja Pemerintahan Desa Mundam Marap. Kata dia, realisasi APBDes berupa kegiatan fisik yang dilakukan merupakan wujud percepatan pembangunan di wilayah pedesaan.

BACA JUGA : Distan Mukomuko gelar Vaksinasi PMK dari Rumah ke Rumah

Ia berharap, pembangunan tersebut dapat bermanfaat dan manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat khususnya warga setempat. Kata Camat Ipuh, pembangunan yang dilakukan merupakan wujud kehadiran pemerintah baik pusat maupun daerah di setiap wilayah.

“Apresiasi kami sampaikan kepada pemerintah desa Mundam Marap yang sudah menyelesaikan pembangunan. Mudah mudahan pembangunan tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat dan saya terus memotivasi seluruh Pemdes untuk melakukan hal yang sama, sebab, pembangunan yang dilakukan merupakan komitmen pemerintah yang hadir dalam bentuk nyata di setiap wilayah pedesaan, “kata Camat Ipuh, Senin (19/09/2023)

BACA JUGA : PUPR Mukomuko Akan Bangun Jembatan Penghubung 7 Desa di Kecamatan Malin Deman

Diketahui Pemerintah Desa Mundam Marap Kecamatan Ipuh, termasuk Desa yang berhasil menuntaskan penyusunan berkas APBDes TA 2023 tepat waktu.

Data terhimpun, Pemdes Mundam Marap memiliki nomor registrasi 19 APBDes di Bagian Hukum Setdakab Mukomuko dari 148 desa yang ada di wilayah Kabupaten Mukomuko. (ADV /** YN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *